Tips Selama Ramadhan

Kamis, 25 Juni 2015 10:11:48 - Oleh : usperpus

Fresh

"Toefl Like Test" GRATIS Di PERPUSDA, Buruan Daftar Yuk..!

Talk Show Manajemen Cinta

Mencetak Penulis Kulon progo melalui Workshop Karya Tulis

Sosialisasi Braille Corner, Semua Lapisan Masyarakat Berhak Mendapatkan Layanan Perpustakaan

Arsip Statis Desa Sebagai Khasanah Arsip LKD

        Salam Ramadhan, Semangat Puasa ! Pemustaka yang budiman, pada kesempatan kali ini, kita akan share mengenai beberapa tips/kiat tentang bermacam hal yang tentunya bermanfaat terutama bagi anda yang menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan, yang dikutip dari berbagai sumber terpercaya. Semoga tips ini bisa membuka sekaligus menambah wawasan pengetahuan, terlebih lagi dapat dijalankan dalam aktifitas keseharian kita. Selamat membaca !

        Ramadhan selayaknya kita isi aktivitas ibadah yang berlipat kualitas dan kuantitasnya. Karena ini bulan berlomba dan berlipat pula ganjaran pahala. Manfaatkanlah. Jangan biarkan berlalu begitu saja. Jadi jangan terjebak ke dalam rutinitas belaka. Sebagai tamu tahunan lalu kita terima dan lepas begitu saja," kata Din sebagaimana dilaporkan oleh Republika dan dikutip ICMI Media pada Kamis (18/6). Ia menjelaskan, orientasi utama di bulan suci yakni penyucian jiwa atas apa yang telah dilakukan selama setahun yang lalu. Selain itu, bulan ramadhan juga harus menjadi sarana untuk meningkatkan iman dan takwa. Dengan bersungguh-sunguh mengisi bulan ramadhan maka di akhir ramadhan umat islam akan tampil sebagai jiwa dan pribadi yang lebih baik. Serta dengan keimanan yang semakin meningkat.

        Media sosial (medsos) yang ada di gadget kita, dan gadget itu sekarang melekat di jemari tangan, apakah kita harus menghindarinya? Jangan larut disana, karena banyak amal utama yang perlu juga kita raih target-target nya. Tapi juga jangan ditinggalkan, karena smartphone dan media sosial adalah tool. Bisa untuk raih pahala bisa, tapi bisa juga untuk raih celaka (dosa). Berikut ini 7 tips memanfaatkan media sosial untuk Anda, biar Ramadhan Bahagia :

1.      Kurangi banget lihat timeline atau wall. Stop stalking.

2.      Masukkan akun following, fanspage, friends akun-akun yg manfaat.

3.      Ramadhan (saatnya bebersih) - unfollow dan unfriend akun seseorang atau pseudonym yang tak

        membawa manfaat, apalagi isinya buruk dan membutmu lalai dari mengingat Allah.

4.      Jadwalkan, kelola waktu. Rencanakan 5 sampai dengan 7 kali posting yang berisi manfaat.

5.      Jangan coba-coba memposting di waktu-waktu utama terkabulnya doa, misal di akhir malam, usai

         sahur, jeda antara adzan dan iqamat, jelang berbuka.

6.      Hindari berbalas mention tak bermanfaat di medsos, kecuali meng-aminkan atau caption saling

         menguatkan dalam kebaikan.

7.      Mute chat app yang berisi chat tak manfaat.

       Jika Ramadhan berantakan karena gadget dan medsos, jangan salahkan ia karena sekedar tool. Kendali ada di hati dan tanganmu. Selain gadged dan medsos, tentu kita juga harus mampu memanajemen waktu sebaik-baiknya dimana pun itu, salah satunya di tempat kerja. Meskipun pada bulan Ramadan Anda tidak boleh makan atau minum selama puasa, hal ini seharusnya tidak membuat aktivitas Anda terganggu. Banyak sekali ditemukan orang yang berpuasa tidur di tempat kerja, merasa lelah atau menggunakan alasan puasa untuk terlambat bekerja. Hal ini harusnya tidak terjadi jika Anda mengikuti beberapa aturan sederhana untuk tetap aktif di tempat kerja selama Ramadan seperti yang dilansir oleh boldsky.com

  1. Bekerja saat istirahat jam makan siang. Cobalah untuk melakukan negoisasi dengan atasan Anda agar Anda bisa terus bekerja selama jam makan siang dan pulang lebih awal, jika itu tidak berhasil Anda dapat mengambil tidur siang di waktu istirahat setelah shalat dan merasa energik setelahnya. 
  2. Hindari haus di tempat kerja. Untuk mencegah rasa haus di tempat kerja, minum banyak air selama sahur sehingga Anda akan terhidrasi sepanjang hari. Ini juga akan menghindari kelelahan di tempat kerja.
  3. Hindari basa-basi. Saat Ramadan usahakan untuk menghindari obrolan panjang yang tidak penting dengan teman kantor. Hal ini akan membuat energi Anda terbuang sia-sia dan tidak produktif.
  4. Hindari shift malam. Jika Anda biasa dengan shift malam, saat Ramadan cobalah untuk meminta pada atasan Anda agar Anda dapat bekerja pada siang hari. Dengan bekerja siang, ini tidak akan mengganggu sahur, waktu berbuka dan waktu untuk beribadah.
  5. Hindari Gosip. Jika Anda mempunyai banyak waktu luang di kantor, lebih baik gunakan untuk berdoa atau beribadah daripada terlibat dalam gosip yang akan membuang berkah Ramadan.
  6. Sabar. Salah satu yang harus dilakukan muslim saat berpuasa adalah sabar. Jika ada rekan Anda yang menguji kesabaran Anda, jangan terpancing dan lebih baik tinggalkan.
  7. Jangan tidur. Untuk menghindari rasa kantuk di tempat kerja, Anda dapat kembali tidur setelah sahur dan shalat. Melakukan hal ini akan membuat Anda tidak lelah dan mengantuk di tempat kerja.
  8. Aturlah untuk buka puasa bersama. Jika banyak rekan Anda yang berpuasa, maka Anda dapat mengatur untuk melakukan buka puasa bersama, Anda akan mendapatkan banyak berkah Ramadan serta hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja Anda.

        Demikianlah tips/kiat jitu menjalani aktiftas di bulan ramadhan. Semoga bisa memberi manfaat bagi pemustaka maupun pembaca sekalian. Jangan lupa, ikuti terus ya news up date dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo. Kami tunggu kunjungan anda. Salam.



Sumber            :

 Republika Online [http://www.icmi.or.id/blog/2015/06/ketum-muhammadiyah-manfaatkan-ramadhan-sebaik-mungkin] diakses pada 25 Juni 2015 pukul 09.00 WIB.

http://islamedia.id/7-tips-menggunakan-media-sosial-selama-bulan-ramadhan/ diakses pada 25 Juni 2015 pukul 09.10 WIB.

http://www.vemale.com/relationship/karier/83094-tips-tetap-aktif-di-kantor-selama-bulan-ramadan.html diakses pada 25 Juni 2015 pukul 09.12 WIB

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak