dr.H.Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) menerima Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2015

Rabu, 25 November 2015 08:21:06 - Oleh : drperpus

Bupati Kulon Progo Menerima Pengharhaan dari Ka.Perpusnas RI

Bedah Buku & Talk Show Tes CPNS: Yuk, buruan daftar !

Kunjungan SD Muhammadiyah Mutihan

Bantuan Paket Buku untuk Perpustakaan komunitas 2017

Pojok Baca dalam Pameran Seni Rupa Kulon Progo 2017

Perpustakaan siap cetak penulis remaja berbakat Kulon Progo

      Tahun 2015 ini, Perpustakaan Nasional kembali memberikan penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka yakni penghargaan tertinggi yang diberikan kepada para "pejuang literasi" baik itu secara individu, mayarakat ataupun lembaga yang berhasil melakukan gerakan pembudayaan kegemaran membaca didaerahnya di seluruh wilayah indonesia. Penghargaan ini merupakan kali ke 5 diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional, setelah pada tahun 2011 pertama kali diluncurkan oleh wakil presiden RI, Dr. Boediono dalam rangka Gerakan Nasional Indonesia Membaca. Di tahun 2015 ini pernghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka diberikan kepada 34 individu yang dikelompokkan ke dalam 8 Katagori yakni, penulis buku, pemenang Lomba bercerita, lomba Perpustakaan Desa, lomba Perpustakaan Sekolah, Pustakawan berprestasi terbaik, Media dan Jurnalis, Masyarakat dan Tokoh Masyarakat. 

      Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo, Sp.OG. menjadi salah satu penerima penghargaan tersebut dalam katagori Tokoh Masyarakat yang ikut andil meningkatkan kegemaran membaca di daerah.  Dari Katagori ini terdapat juga H. Alex Noerdin (Gubernur Sumatera Selatan) Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc (Gubernur Jawa Barat),Yuliyanto, SE, MM (Wali Kota Salatiga, Jawa Tengah) dan FX Hadi Rudyatmo (Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah) yang mendapatkan Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka.

       Dalam beberapa tahun terakhir bupati Kulon Progo ini berupaya untuk merealisasikan seluruh desa di Kulon Progo memiliki Perpustakaan Desa. Dan tahun 2015 ini  seluruh desa yakni 87 desa dan 1 kelurahan yang ada di Kulon Progo Sudah memiliki Perpustakaan Desa. Selain itu ada beberapa perpustakaan desa yang telah berhasil menjadi juara 1 Tingkat DIY bahkan juara 2 Tingkat Nasional. Perpustakaan desa tersebut yakni Perpustakaan Arum (2010) dan Perpustakaan Sidodadi (2014). Untuk meningkatkan minat baca dan memenuhi kebutuhan buku masyarakat, setelah hari jadi Kulon Progo yang berlangsung 15 Oktober 2015 kemarin, bupati Kulon Progo juga mengadakan gerakan Hibah Buku, yakni gerakan mendonasikan buku yang masih layak, bagus dan bermanfaat kepada perpusda untuk kembali dilayankan pada masyarakat yang membutuhkan. Bupati berharap dengan masyarakat yang melek informasi dan memiliki minat dan kegemaran membaca yang tinggi akan menjadikan masyarakat menjadi cerdas maju dan mampu melihat,  memanfaatkan peluang yang  pada akhirnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat secara umumnya. Sampai pertengahan bulan November ini telah terkumpul sebanyak kurang lebih 4.500 ekseplar buku. Selain itu mulai agustus 2015 yang lalu perpustakaan Kulon Progo sudah menempati gedung baru yang lebih representatif dan strategis. Gedung itu baru saja selesai dibangun pada akhir tahun 2014 dengan menempati luas lahan 960 m2 yang terletak di Jl. Sugiman, Wates kulon Progo.

« Kembali | Kirim | Versi cetak