Kepala ANRI Hadiri Apresiasi Kearsipan Kulon Progo

Kamis, 2 Juni 2016 13:38:33 - Oleh : dr

Kepala ANRI Membuka Apresiasi Arsip 2016

"Toefl Like Test" GRATIS Di PERPUSDA, Buruan Daftar Yuk..!

Talk Show Manajemen Cinta

Mencetak Penulis Kulon progo melalui Workshop Karya Tulis

Sosialisasi Braille Corner, Semua Lapisan Masyarakat Berhak Mendapatkan Layanan Perpustakaan

Arsip Statis Desa Sebagai Khasanah Arsip LKD

          Kamis pagi (02/06/16) bertempat di Aula Adikarto ( Gedung Kaca) Komplek Pemda Kulon Progo, Kantor Perpustakaan dan Arsip mengadakan acara Apresiasi Kearsipan dan Pameran Arsip. Acara ini dihadiri langsung  Kepala Arsip Nasional Indonesia, Dr. Mustari Irawan, MPA sekaligus sebagai narasumber utama.  Selain itu hadir juga Kepala BPAD DIY , Budi Wibowo, SH, MM sebagai narasumber kedua. Narasumber Ketiga dan keempat yakni Bupati Kulon Progo dalam hal ini diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Arif Sudarmanto, SH dan Kepala Bappeda Kulon Progo, Ir Agus Langgeng Basuki. Kegiatan apresiasi kearsipan ini dikuti oleh sekitar 200 orang peserta yang terdiri dari instansi-instansi di lingkup kab. Kulon Progo dan seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kulon Progo.

         Kegiatan yang berlangsung sehari ini dimulai pukul 08.00 dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Arsip Nasional Indonesia. Setelah itu sambutan dari Ketua Panitia, sekaligus Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kulon Progo, Drs. Harminto, MM. Aca selanjutnya berupa sambutan dan arahan sekaligus penyampaian materi kearsipan oleh Dr. Mustari Irawan, MPA. Dalam sambutannya Mustari menyampaikan pentingnya tata kelola arsip, manfaat Arsip dan Kebijakan Pemerintah tentang Kearsipan. Selain itu juga sinergi antar lembaga/instansi yang mengelola arsip dokumentasi dan informasi seperti perpustakaan dan museum. Setelah menyampaikan sambutan dan membuka acara, Kepala ANRI diberi kesempatan untuk menuliskan pesan dan kesan di salah satu papan arsip yang dipameran. "Arsip adalah bukti akuntabilitas kinerja dan memori kita. Jaga dan lestarikan terus. Maju Kantor Perpustakaan dan Arsip Kulon Progo" tulis Mustari. Kepala BPAD DIY juga menuliskan kata-kata singkat, namun sangat kaya makna, "No Archive, No Future". Setelah melihat-lihat pameran arsip dan tanya jawab dengan peserta, acara dilanjutkan pemaparan materi dari Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Bupati Kulon Progo dan Kepala Bappeda.

        Apresiasi Kearsipan dan Pameran Arsip ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan pentingnya arsip dan pengelolaan yang tepat sekaligus sebagai pembinaan dan koordinasi antar elemen instansi/desa/SKPD dalam mengelola, melestarikan dan mengembangkan kearsipan ke arah yang lebih baik.
      

« Kembali | Kirim | Versi cetak