SOSIALISASI APLIKASI KUNANG-KUNANG

Kamis, 1 Maret 2018 11:21:52 - Oleh : Ind-perpus

Sosialisasi aplikasi kunang-kunang

Bikin Buku itu Asyik...

Kajian Ramadhan

Asah Bahasa Inggris Songsong Bandara Baru

BELAJAR BAHASA INGGRIS

Sosialisasi Desa Replikasi Mandiri Perpuseru 2018 dan 2019

SOSIALISASI APLIKASI KUNANG-KUNANG

Rabu, 28 Februari 2018, segenap karyawan Dinas perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo mengikuti kegiatan sosialisasi aplikasi kunang-kunang di Aula Dinas perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Drs. R. Agus Santosa, MA (Kepala Dinas) dan Bapak Tri Wahyudi, SIP, MM (Sekretaris Dinas). Kegiatan ini diawali dengan pengarahan oleh Bapak Kepala Dinas, yang antara lain Beliau berharap agar para peserta memahami dan bisa menjalankan aplikasi ini guna membantu melaksanakan pekerjaan secara efektif.

Dalam susana santai para peserta tetap semangat mengikuti jalannya pemaparan yang dibawakan oleh Ibu Eka Wardhani Suprihatin, SIP dibantu oleh Bapak Dwi Riswanto, AMd. Inti dari aplikasi ini adalah memberikan informasi tentang  penggunaan internet, dalam hal ini di Dinas perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo. Dengan fasilitas ini, secara real time kita bisa mengetahui berapa jumlah pengguna internet, baik secara total, tamu, maupun anggota. Lebih jauh lagi, kita juga bisa mengetahui identitas pengguna seperti nama, jenis kelamin, dan juga berapa lama pengguna tersebut menggunakan internet. Yang menarik, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas survey untuk berbagai kepentingan.

Dengan demikian aplikasi ini membantu kita dalam  membuat laporan berupa data pengguna internet, jumlah pengguna, kecenderungan konten yang disenangi pengguna, rata-rata durasi penggunaan. Hal ini penting untuk dijadikan acuan kebijakan ke depan misalnya perlu tidaknya membatasi akses internet terhadap konten tertentu dan lama durasi penggunaan internet.

Meski pada awal ada sedikit kendala untuk menjalankan aplikasi ini terutama pada fasilitas survey, namun akhirnya bisa berhasil. Kegiatan ini diakhiri dengan bersama-sama mencoba melihat fasilitas survey dan sekaligus mempraktikkannya. Lalu dibuat kesepakatan bahwa untuk sementara belum ada pembatasan akses konten yang bisa dinikmati pengguna baik tamu maupun anggota. Namun pembatasan waktu diberikan 2 jam untuk tamu dan 5 jam untuk anggota. Dengan pembatasan ini, jika pengguna sudah melewati limit waktu, ia harus log in lagi untuk bisa mengakses internet.***

« Kembali | Kirim | Versi cetak