Kegiatan Perpustakaan Makin Asyik

Senin, 5 Maret 2018 10:43:39 - Oleh : Adminperpus

"Charge My hijrah" Kajian Remaja Muslim di Perpusda

MENGENALI NEGERI DAN BUDAYA MELALUI ARSIP

GEMBIRANYA... BERKUNJUNG KE PERPUSDA

TK ABA Dablan, SDN Kemukus, dan SMPN 2 Nanggulan Antusias Kunjungi Perpusda

BELAJAR, BERWISATA, DAN BELANJA DI PERPUSDA... ASYIK!

KEGIATAN PERPUSTAKAAN MAKIN ASYIK

Senin, 5 Maret 2018. Semenjak bergabung dengan program PerpuSeru di tahun 2016 hingga sekarang layanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo makin bervariasi dan mengasyikkan. Selain bisa membaca buku, berselancar didunia maya perpustakaan juga menyediakan tempat dan alat yang dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Seperti yang dialami olah dua siswa SMAN 1 Wates Dinda Kusuma Hesti dan Balqis Bahiya Milan Novindasari. Mereka berdua menggunakan fasilitas piano di ruang musik untuk mengasah ketrampilan mereka bermain musik. Selain itu mereka juga menggunakan fasilitas Aula sebagai ruangan yang diangap "pas" untuk melakukan rekaman tugas pelajaran bermain musik dengan menggunakan alat musik gitar yang mereka bawa dari rumah.

Selain untuk bermain musik , penggunaan Aula sebagai fasilitas pertemuan untuk umum juga dimanfaatkan oleh komunitas debat tingkat SLTA se- Kulon Progo pada hari Sabtu, 3 Maret 2018. Acara "Fisrt Meeting Kulon Progo Debating Forum" ini membahas tentang maksud dan tujuan debat yang nantinya akan rutin diselenggarakan sebagai sarana untuk mengembangkan wawasan para pemuda di Kulon Progo. Acara yang untuk pertamakalinya diikuti oleh 52 siswa ini tentu saja akan menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk diikuti dan tentu saja bagi teman teman yang memerlukan referensi untuk beradu argumentasi silahkan mengunakan fasilitas buku-buku yang disediakan di ruang koleksi perpustakaan. Disediakan 42.000 eksemplar koleksi buku dari berbagai subjek yang siap dibaca untuk menambah bekal di ajang debat ini.

Satu kegiatan lagi yang difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan pada hari minggu, 4 Maret 2018 adalah kegiatan pelatihan ketrampilan berbahan tali kur yang dinamakan "Kelas Tali Kur". Kegiatan ini ditujukan bagi masyarakat yang ingin menambah ketrampilan tangan yang dapat dikembangkan lebih lanjut ke pembuatan produk yang bisa dipasarkan/dijual. Dari kerajinan ini bisa dihasilkan bermacam pernak-pernik perhiasan seperti gelang, tas, dan dompet. Kegiatan ini rencananya juga akan rutin diadakan oleh Dinas Perpustakaan sebagai upaya untuk memberikan ketrampilan kepada masyarakat. Dengan menggandeng seorang volunteer Ayu Nofiani siap membimbing masyarakat untuk mengasah ketrampilan ini setiap hari minggu jam 09.00- 12.00 WIB. Meskipun di pertemuan pertama yang datang baru 10 orang semangat mereka mengikuti pelatihan sangat luar biasa. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti kelas ini bisa langsung datang ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo, Jl. Sugiman wates atau sebelah timur gedung DPRD Kulon Progo. Kegiatan ini GRATIS, bahan latihan disediakan oleh Perpustakaan. Mari manfaatkan kesempatan belajar dan berlatih di Perpustakaan karena Pengetahuan itu Kekuatan.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak