Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo
Rubrik : Berita
Perpustakaan siap cetak penulis remaja berbakat Kulon Progo
2017-07-27 21:04:37 - by : perpuskp

      "Mau hidup abadi maka menulislah, mau bisa menulis maka rajinlah membaca" Itulah salah satu petikan semangat yang disampaikan sastrawan muda perempuan Yogjakarta, Evi Idawati saat menyampaikan materi dalam Workshop Karya tulis untuk SMA/SMK/MA se Kabupaten Kulon Progo. Siapa yg tidak kenal kisah kisah romeo dan juliet, siapa yg tidak tahu kisah detektif conan,siapa yg tidak inget puisi-puisi Rendra, mereka semua sudah meninggal, tapi karya-karyanya tetap dikenal sampai sekarang, lanjut evi saat menyampikan tema tentang 1001 maslah dan solusi penulis pemula di Aula Perpusda Kulon Progo. Workshop ini diselenggarakan pada hari selasa - rabu (25-26) Juli 2017 dengan jumlah peserta 50 pelajar dari 10 sekolah di Kulon Progo.


     Workshop karya tulis untuk remaja ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo dengan BPAD Yogyakarta dan didukung oleh balai bahasa yogyakarta. Acara dibuka langsung oleh kepala Badan Perpustakaan dan Arsip DIY, Budi Wibowo, SH, MM dan Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo, Drs. Harminto, MM. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari penulis buku, sastrawan, ahli bahasa, juga dari penerbit dan editor buku. Dengan pelatihan ini diharapkan mampu menyalurkan bakat, mengasah, dan meningkatkan kemampuan menulis pada generasi muda dan juga diharapkan bisa masuk meja cetak dan diterbitkan karya-karyanya.


       Selain mengajarkan teknik, tips dan metode menulis yang benar dan menarik, workshop yang berlangsung dua hari ini juga menantang peserta untuk langsung membuat karya. Setiap peserta diminta membuat sebuah cerita pendek yang menarik, dengan tata bahasa yang benar, dan menampilkan/mangangkat budaya lokal yang ada di DIY khususnya Kulon Progo. Setelah diberikan teori dan berlatih langsung dengan para ahlinya, peserta diberi tantangan selama 2 hari (sampai hari jumat, 28/07/2017) untuk menulis dan menghasilkan karya terbaik. Sepuluh cerpen terbaik nantinya akan dilombakan ke tingkat Provinsi dan akan diterbitkan dalam sebuah buku kumpulan cerpen oleh BPAD DIY. Semoga dengan pelatihan seperti ini, perpustakaan akan mampu menyalurkan dan  mencetak penulis-muda andal di Kulon Progo, ujar harminto saat menutup pelatihan, didampingi oleh Ketua IKAPI DIY, Mahyudin Almudra, SH,MM,MA. ’Melihat antusias dan bakat anak-anak muda ini, saya yakin suatu saat pasti akan ada penulis hebat alumni pelatihan ini’ kata Mahyudin saat ditanya tentang kesan para peserta workshop .

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo : http://perpustakaan.kulonprogokab.go.id
Versi Online : http://perpustakaan.kulonprogokab.go.id/article/302/perpustakaan-siap-cetak-penulis-remaja-berbakat-kulon-progo.html