Profil

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo

 

        Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berdiri pada tahun 2000 seiring  adanya Peraturan Daerah No.12 Tahun 2000 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah. Sebelum berdiri sebagai Kantor Perpustakaan umum, sebenarnya Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sudah menyelenggarakan Layanan Perpustakaan sejak tahun 1997, namun perpustakaan sewaktu itu masih menjadi sub bagian dari Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo

      Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  adalah unsur penunjang Pemerintah Daerah di bidang pengelolaan perpustakaan, dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah. Adanya Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2000 tersebut diikuti dan diperkuat dengan terbitnya SK Bupati Kulon Progo Nomor 56 Tahun 2002 tentang Uraian Tugas Pada Unsur Organisasi Terendah Kantor Perpustakaan Umum dan terakhir diubah dengan Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas Keputusan Bupati Nomor 56 tahun 2002 tentang Uraian Tugas pada unsur Organisasi terendah Kantor Perpustakaan Umum.

       Sebelum menempati gedung baru, Kantor Perpustakaan Umum Kabupaten Kulon Progo terletak di Jalan Sanun No.4 Wates Kulon Progo. Gedung Perpustakaan Menempati tanah dengan luas 800 m2. Sebelum itu Kantor Perpustakaan Umum pernah berlokasi di jalan Purworejo No. 1 Wates. Mengingat Keterbatasan Ruang dan Akses masyarakat, maka tahun 2007 Perpustakaan menempati Gedung Baru yakni Gedung Eks BKD di Jalan Sanun No.1 Wates. Mulai tanggal 10 Agustus 2015 Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Kulon Progo menempati gedung baru yakni bertempat di Jalan Sugiman Pengasih Kulon Progo atau di sebelah Gedung DPRD Kabupaten Kulon Progo dan bersebelahan dengan Taman Wana Winulang Kulon Progo.

 

              LOKASI PERPUSTAKAAN

            KABUPATEN KULON PROGO