RAKER KERJASAMA BIDANG PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DIY 2018

Selasa, 17 April 2018 08:47:10 - Oleh : adminperpus

SONGSONG MANUNGGAL FAIR 2018 BIDANG KEARSIPAN GANDENG MUSEUM SANDI YOGYAKARTA

WOW...ADA SENAM MASAL DI PERPUSDA UNTUK UMUM

PARA PEGAWAI DINAS PERPUSTAAAN DAN KEARSIPAN KULON PROGO ANTUSIAS SONGSONG PEMBERLAKUAN SISTEM E-TPP

TK MASYITAH GOTHAKAN BELAJAR DI PERPUSDA

Belajar Bareng : Kerajinan Tangan Talikur

 

Senin, 16 April 2018 jam 08.00 sampai dengan selesai d Grhatama Pustaka BPAD DIY berlangsung raker kerjasama bidang perpustakaan dan kearsipan. Acara tersebut menghadirkan narasumber dari BPAD DIY, BKPM DIY, Universitas Proklamsi 45, dan TBM Mata Aksara dari Ngaglik, Sleman.

Tidak ada perpustakaan yang mempunyai koleksi yang lengkap dan bisa menyediakan semua kebutuhan pemustaka. Untuk itulah kerjasama dengan mitra sangat diperlukan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPAD DIY, Dra. Monika Nur Listyani, MM. Dari kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan dan mempermudah akses pada sumber informasi, meningkatkan fleksibilitas, dan respon pada kebutuhan pemustaka, meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan, dan untuk promosi fasilitas dan sarpras secara terintegrasi.  Saat ini BPAD DIY bekerjasama dengan berbagai pihak baik dengan sesama pemerintah, swasta, masyarakat, maupun perguruan tinggi khususnya dalam pelayanan perpustakaan.

Narasumber dari BKPM DIY menyoroti perlunya kerjsama dengan pihak lain. Namun demikian sebelum dilakukan kerjasama sebaiknya dilakukan diskusi penjajakan bersama untuk mengarah pada perjanjian kerjasama yang akan menjadi payung bersama dalam melaksanakan kegiatan.

Sedangkan narasumber dari Universitas Proklamasi 45 menekankan pentingnya literasi informasi, yaitu kemampuan untuk mengenali, menemukan, dan mengevaluasi informasi yang diperlukan secara efektif. Hal ini untuk menghindari informasi informasi tidak benar (hoax) yang sat ini banyak beredar di masyarakat. Pemberdayaan masyarakat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan literasi informasi. Sedangkan dari TBM Mata Aksara menceritakan succes story kegiatan yang dilakukan, termasuk proses menjalin mitra dengan berbagai pihak.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak