Informasi Berkala

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1  Latar Belakang.

Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu lembaga teknis daerah yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor : 16 Tahun 2012 .tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah. Lembaga Teknis Daerah merupakan unsur pendukung.

Penyelenggaraan Otonomi Daerah telah membawa tuntutan dan perubahan terhadap iklim sistim nilai dan budaya kerja dalam penyelenggaraan pemerintahan. Penyelenggaraan Otonomi Daerah menuntut nilai dasar yang senantiasa dapat mengakomodasikan kebutuhan yang berorientasi kepada aspirasi masyarakat dengan prinsip-prinsip demokratisasi, peran serta, pemerataan dan berkeadilan.

Kondisi tersebut menuntut adanya kerangka pikir yang terstruktur untuk dapat memberdayakan fungsi publik agar lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan ekonomi, politik, sosial dan buadaya. Untuk itu diperlukan peningkatan budaya dan etos kerja yang berorientasi kepada pencapaian hasil serta pertanggungjawaban berdasarkan nilai-nilai akuntabilitas menuju good govermnet yakni Kepemerintahan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo yang baik, bersih, berwibawa dan bertanggung jawab serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Laporan  Kinerja Instansi Pemerintah ( LKIJP ) ini disusun berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.  Inpres ini memberikan tuntunan kepada semua instansi pemerintah untuk menyiapkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah sebagai bagian integral dari siklus akuntabilitas kinerja yang utuh yang berada dalam suatu Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah.

Laporan  Kinerja Instansi Pemerintah ( LKIJP ) memiliki dua fungsi utama sekaligus,  Pertama, laporan akuntabilitas kinerja merupakan sarana  bagi Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo untuk menyampaikan pertanggung jawaban kinerja kepada seluruh stakeholders ( Bupati, DPRD dan masyarakat ), Kedua, laporan akuntabilitas kinerja merupakan sarana evaluasi atas pencapaian kinerja Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo sebagai upaya untuk memperbaiki kinerja dimasa datang.

 

1.2  Struktur Organisasi.

Struktur organisasi Kantor Perpustakaan dan Arsip  Kabupaten Kulon Progo berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor : 04  Tahun 2008, terdiri atas:

Unsur Pimpinan                    : Kepala Kantor,

Unsur Pembantu Pimpinan   : Sub Bagian Tata Usaha

Unsur Pelaksana :                 : 

1. Seksi Pengadaan Pengolahan Dan Pelestarian Bahan Pustaka

2. Seksi Pembinaan dan Pelayanan Perpustakaan;

3. Seksi Akuisi dan Dokumentasi;

4. Seksi Pembinaan dan Pelayanan Kearsipan;

5. Kelompok Jabatan Fungsional tertentu.

Struktur Organisasi Kantor Perpustakaan dan Arsip tersebut apabila dituangkan dalam bagan akan nampak seperti gambar berikut:

 

Bagan Struktur Organisasi Kantor Perpustakaan dan Arsip

 









Kelompok

Jabatan

Fungsional

Tertentu

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.3  Tugas dan Fungsi  

a.         Tugas dan Fungsi

Berdasarkan  Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 74 Tahun 2012 tentang Uraian  Tugas Unsur Organisasi Terendah pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Bab III bagian kesatu, mempunyai tugas:

1.             Melaksanakan kegiatan pengadaan, pengolahan dan pelestarian bahan pustaka;

2.             Melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelayanan perpustakaan;

3.             Melaksanakan kegiatan akuisisi dan dokumentasi;

4.             Melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelayanan kearsipan; dan

5.             Melaksanakan kegiatan ketatausahaan.

Dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 74 Tahun 2012 Kantor Perpustakaan dan Arsip mempunyai fungsi:

1.                              Perumusan kebijakan teknis di bidang perpustakaan dan arsip;

2.         Pemberian dukungan atas penyelenggaraan Pemerintah Daerah di bidang Perpustakaan dan Arsip;

3.         Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perpustakaan dan arsip;

4.         Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Bupati di bidang perpustakaan dan arsip.

5.         Melaksanakan kegiatan pengadaan pengolahan dan pelestarian bahan pustaka;

6.         Melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelayanan perpustakaan;

7.         Melaksanakan kegiatan akuisisi dan dokumentasi;

8.         Melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelayanan kearsipan; dan

9.         Melaksanakan kegiatan ketatausahaan

 

1.4.2. Keadaan Sarana dan Prasarana.

Berdasarkan Simda Barang awal tahun 2015, dapat diperoleh data sebagai berikut

Jumlah barang 860 buah. Nilai barang Rp.5.967.216.279,- dengan kondisi baik. Tidak  ada  barang  yang  tidak  digunakan  dalam   rangka  pelaksanaan   kegiatan kantor.

 

1.5. Sistematika LKJIP

Dalam penysunan LKJIP 2015  Kantor Perpustakaan dan Arsip menggunakan sitematika sebagai berikut :

KATA PENGANTAR

RINGKASAN EKSEKUTIF

BAB I PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang

1.2.Struktur Organisasi

1.3.Tugas dan Fungsi

1.4.Potensi

      1.4.1 Susunan Kepegawaian

      1.4.2 Keadaaan Sarana dan Prasarana

1.5       Sistematika LKJIP

BAB II PERENCANAAN DAN PERJANJIAN KINERJA

II.1      Perencanaan Strategis

            II.1.1 Visi dan Misi

            II.1.2 Tujuan dan Sasaran

            II.1.3 Strategi

            II.1.4 Rencana Kegiatan (KINERJA) Tahunan (RKT)

II.2      Penetapan Kinerja

II.3      Rencana Anggaran

            III.1 Target Belanja Kantor Perpustakaan dan Arsip Tahun 2015

            III.2 Alokasi Anggaran Per Sasaran Strategis

BAB III AKUNTABILITAS KINERJA

III.1     Capaian Kinerja Tahun 2015

a.       Skala Nilai

b.      Capaian Kinerja Tahun 2015

III.2     Evaluasi dan Analisis Capaian Kinerja

III.3     Akuntabilitas Anggaran

BAB IV PENUTUP                                            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PERENCANAAN DAN PERJANJIAN KINERJA

 

II.1 Perencanaan Strategis

Kantor Perpustakaan dan Arsip  Kabupaten Kulon Progo menetapkan beberapa perencanaan diantaranya sebagai berikut :

 

II.1.1. Visi dan Misi

 

Didalam  penyelenggaraan kearsipan Pemerintah Daerah sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Daerah Nomor16 Tahun 2012, Kantor Perpustakaan dan Arsip memiliki Visi dan Misi.

 Visi

" Terwujudnya   Peningkatan  Budaya  Baca  dan   Pengelolaan   Kearsipan  Yang

Handal "

 

 Misi

  1. Meningkatkan layanan perpustakaan;
  2. Menyediakan / mengembangkan pengelolaan dan layanan kearsipan;

 

II.1.2 Tujuan dan Sasaran

Tujuan:

Berlandasakan pada Visi dan Misi Kantor Perpustakaan dan Arsip, maka dijabarkan dan ditetapkanlah tujuan yang hendak dicapai sebagai-berikut :

  1. Terwujudnya peningkatan koleksi bahan pustaka dan akses pelayanan
  2. Tersedianya arsip aktif dan in aktif sesuai standart pengelolaan kearsipan

 

Sasaran :

  1. Terwujudnya peningkatan minat baca masyarakat.
  2. Meningkatnya kualitas kearsipan.

 

II.1.3 Strategi

Untuk menjamin terlaksananya tujuan program jangka lima tahun yang telah ditetapkan, maka Kantor Perpustakaan dan arsip menetapkan strategi sebagai berikut :

-          Memanfaatkan Kantor Perpustakaan dan Arsip sebagai pelaksana pengolahan dan pelestarian koleksi bahan pustaka.

-          Memanfaatkan  Kantor  Perpustakaan  dan  Arsip sebagai lembaga pembinaan dan pelayanan perpustakaan.

-          Memanfaatkan  Kantor  Perpustakaan  dan  Arsip sebagai lembaga pembinaan dan pelayanan perpustakaan.

-          Memanfaatkan  Kantor  Perpustakaan  dan  Arsip  sebagai pengadministrasian dan  ketatausahaan perkantoran.

-          Meningkatkan    kualitas     dan      kuantitas   serta   profesionalisme   aparatur pemerintah dibidang kearsipan.

-          Meningkatkan akuntabilitas dan penyelenggaraan pemerintahan.

 

II.1.4  Rencana Kegiatan (KINERJA) Tahunan (RKT)

 

Rencana Kinerja Tahunan (RKT) Tahun 2015 Kantor  Perpustakaan dan Arsip sebagaimana dalam tabel berikut :

No

Sasaaran

Indikator

Satuan

Target Kinerja Tahun 2015

1

Terwujudnya peningkatan minat baca masyarakat.

 

Capaian layanan perpustakaan

%

42,34

2

Meningkatnya kualitas kearsipan.

 

Capaian pengelolaan kearsipan

%

67,76

 

II.2 Penetapan Kinerja

No

Sasaaran

Indikator

Satuan

Target Kinerja Tahun 2015

Program dan Kegiatan

Anggaran

1

Terwujudnya peningkatan minat baca masyarakat.

 

Capaian layanan perpustakaan

%

42,34%

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemasyarakatan dan pengembangan minat baca

129.000.000.

 

 

 

 

 

Pembinaan dan pengembangan perpustakaan

59.000.000.

 

 

 

 

 

Pelestarian dan layanan otomasi bahan pustaka

20.000.000.

 

 

 

 

 

Penyediaan dan pengelolaan bahan pustaka

100.000.000.

2

Meningkatnya kualitas kearsipan.

 

Capaian pengelolaan kearsipan

%

67,76%

Program Peningkatan Pengelolaan Kearsipan

 

 

 

 

 

 

Pengelolaan arsip statis

20.387.000.

 

 

 

 

 

Pendampingan pendataan dan penataan dokumen/arsip daerah

95.621.000.

 

 

 

 

 

Pengembangan sistem administrasi kearsipan

18.000.000.

 

II.3 Rencana Anggaran

Rencana Anggaran Kantor Perpustakaan dan Arsip Tahun 2015  sebagaimana dalam tabel  berikut :

Alokasi anggaran per sasaran strategis tahun 2015 Kantor Perpustakaan dan Arsip sebagaiman dalam tabel berikut :

 

No

Uraian

Anggaran Total Sasaran pada Tahun 2015

1

Terwujudnya peningkatan minat baca masyarakat

308.000.000.

2

Meningkatnya kualitas kearsipan

            134.008.000.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

AKUNTABILITAS KINERJA

 

Sesuai dengan Perubahan Renstra Kantor Perpustakaan dan Arsip Tahun 2011-2016 terdapat 2 sasaran. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja sasaran menunjukkan hasil yang sangat memuaskan dengan predikat sangat behasil, dengan skala pengukuran kinerja terdiri dari  

 

Tabel III.1 Skala Pengukuran Kinerja

No

Nilai

Skala Pengukuran Kinerja

1.

85 s/d 100

Sangat Berhasil

2.

70 s/d <85

Berhasil

3.

55 s/d <70

Kurang Berhasil

4.

<55

Tidak Berhasil

 

     .

3.1 Capaian Indikator Kinerja Utama

Pengukuran target dari sasaran strategis yang telah ditetapkan adalah dilakukan dengan

membandingkan antara target kinerja dengan realisasi kinerja

Tabel III.2

Pengukuran Kinerja Sasaran

No

Sasaaran

Indikator

Satuan

Capaian 2013

Capaian

2014

2015

Target Akhir Renstra 2016

Capaian s/d 2015 terhadap 2016

Target

Realisasi

%

1

2

3

4

5

 

6

7

8

9

10

1

Terwujudnya peningkatan  minat baca masyarakat

Capaian layanan perpustakaan

%

41,91

42,07

42,34

45,01

106,3

42,50

105,9

2

Meningkatnya kualitas  kearsipan

Capaian pengelolaan kearsipan

%

63,28

60

67,76

66,37

97,94

72,80

91,16

 

III.2 Evaluasi dan Analisis Capaian Kinerja

 

1.      Terwujudnya peningkatan minat baca masyarakat

Capaian sasaran peningkatan minat baca masyarakat diukur melalui indikator capaian pelayanan perpustakaan. Adapun hasil pengukuran hasil kinerja indikator sasaran menunjukkan hasil yang positif. Dari target 42,34%  dapat terealisasi 106,3% (45,01%) dengan predikat sangat berhasil dengan hasil pengukuran sebagai berikut :

Tabel III.3 Pengukuran Indikator Kinerja Sasaran Terwujudnta Peningkatan minat baca masyarakat

No

Sasaran

Indikator

Satuan

Capaian 2013

Capaian 2014

2015

Target Akhir Renstra 2016

Capaian s/d 2015 terhadap 2016

Target

Realisasi

%

1

2

3

4

 

5

6

7

8

9

10

1

Terwujudnya peningkatan  minat baca masyarakat

Capaian laynan  perpustakaan

%

41,91

42,07

42,34

45,01

106,3

42,50

105,9

Formula yang digunakan untuk mengukur capaian indikator kinerja adalah :

(Jumlah kunjungan perpustakaan/jumlah populasi yang harus dilayani x 100% +jumlah buku/jumlah target buku x 100% + jumlah perpustakaan kategori lanjut/jumlah perpustakaan seluruhnya x 100%)/3

-          Jumlah kunjungan perpustakaaan pada tahun 2015  sebanyak 101.515.

-          Junlah populasi yang harus dilayani 308.404.

-          Jumlah buku 37.640.

-          Jumlah target buku 37.640.

-          Jumlah perpustakaan kategori lanjut 14.

-          Jumlah perpustakaan seluruhnya 663.

Capaian layanan perpustakaan  secara umum diarahkan sesuai dengan sasaran RPJMD Perubahan Tahun 2011-2016 yaitu meningkatkan derajat pendidikan masyarakat dengan cara membudayakan gemar membaca kepada masyarakat memlaui beberapa cara mencakup kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan, menambah koleksi dan judul bahan pustaka, perawatan terhadap koleksi bahan pustaka yang rusak, pengelolaan otomasi bahan pustaka, memberikan bantuan pengembangan dan melakukan pembinaan  perpustakaan desa, lomba bercerita bagi anak SD/MI tingkat Kabupaten Kulon Progo, melaksanakan bedah buku tematik, penerbitan buletin dan pameran perpustakaan serta menyelenggarakan perpustakaan keliling.

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan dilakukan dengan berbagai kegiatan yang terdiri dari kegiatan pemasyarakatan dan pengembangan minat baca, pembinaan dan pengembangan minat baca, pelestarian dan layanan sistem otomasi bahan pustaka, penyediaan dan pengelolaan bahan pustaka.

Berdasarkan hasil pengukuran kinerja sasaran telah tercapai 106,3% melebihi dari target. Dengan capaian ini maka capaian sampai dengan tahun 2015 terhadap  Renstra telah mencapai 105,9%.

Prestasi Penyelenggaraan Urusan Perpustakaan pada tahun 2015  adalah :

1.             Bupati Kulon Progo memperoleh penghargaan tertinggi dari Perpustakaan Nasional RI yaitu Nugra Jasadana Pustaloka atas keberhasilannya melakukan gerakan pembudayaan kegemaran membaca dan pengembangan perpustakaan di Kulon Progo.

2.             Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat DIY atas nama Perpustakaan Sari Ilmu Desa Sukoreno Kecmatan Sentolo.

3.             Juara II Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat DIY atas nama MAN 2 Wates.

Permasalahan  yang  dihadapi  di urusan Perpustakaan adalah :

-          Dengan adanya tambahan anggaran dalam pengadaan koleksi buku yang diperkirakan meningkat setiap tahunnya serta hibah buku dari PNS se Kabupaten Kulon Progo pada tahun 2015 maka diperlukan anggaran untuk pengadaan tempat koleksi buku serta sarana prasarana penunjang lainnya dan biaya pengolahan buku.

-          Penambahan armada 1 (satu) buah mobil keliling di bulan Desember 2015 diharapkan dapat menambah lokasi/jumlah pengunjung dan peminjam bahan pustaka di tahun-tahun berikutnya. Dengan adanya tambahan armada mobil keliling tentunya diperlukan tambahan anggaran untuk BBM  dan pembiayaan lainnya.

-          Perlu penambahan personil yang menguasai TI karena perpustakaan identik dengan perkembangan teknologi.

-          Perlu penambahan personil driver untuk operasional mobil keliling, selama ini hanya memfungsikan staf.

Solusi yang perlu diambil diantaranya adalah :

-          Anggaran yang mencukupi untuk pengadaan  sarana prasarana dan kegiatan penunjang lainya.

-          Penambahan tenaga pustakawan, tenaga driver, dan personil yang menguasai TI diharapkan dapat segera terpenuhi.

 

2.      Meningkatnya pengelolaan  kearsipan.

Capaian sasaran meingkatnya  kualitas kearsipan diukur melalui indikator       capaian pengelolaan kearsipan. Adapun hasil pengukuran hasil kinerja indikator sasaran menunjukkan hasil yang positif. Dari target 67,76%  hanya dapat terealisasi 66,37% (97,94%) dengan predikat sangat berhasil . Dengan capaian ini maka capaian sampai dengan tahun 2015 terhadap  Renstra telah mencapai 91,16%.

 

Tabel III.4 Pengukuran Indikator Kinerja Sasaran Meningkatnya  Pengelolaan Kearsipan

No

Sasaaran

Indikator

Satuan

Capaian

2013

Capaian 2014

2015

Target Akhir Renstra 2016

Capaian s/d 2015 terhadap 2016

Target

Realisasi

%

1

2

3

4

 

5

6

7

8

9

10

1

Meningkatnya  pengelolaan kearsipan

Capaian pengelolaan kearsipan

%

63,28

64,1

67,76

66,37

97,94

72,8

91,16

 

Formula yang digunakan untuk mengukur capaian indikator kinerja adalah :

(jumlah SKPD yang menrapkan arsip secara baku/jumlah SKPD) x 80% + (jumlah desa/kelurahan yang menerapkan arsip secara baku/jumlah desa/kelurahan) x 10%) + (jumlah arsip statis yang didapatkan/jumlah rencana arsip statis yang akan didapatkan) x 20%)

-          Jumlah SKPD yang menerapkan arsip secara baku sebanyak 34 SKPD.

-          Jumlah SKPD 39.

-          Jumlah desa yang menerapkan arsip secara baku 22.

-          Jumlah desa 87.

-          Jumlah arsip statis yang didapatkan 5.000.

-          Jumlah rencana arsip statis yang akan didapatkan 3.000.

Pada tahun 2015 telah dilakukan kegiatan pembinaan penglolaan kearsipan terhadap SKPD dan atau desa dengan tidak menggunakan anggaran dengan cara arsiparis diwajibkan mempunyai SKPD dan atau desa binaan. Hal ini berpengaruh terhadap capaian kinerja kearsipan di tahun 2015 dan memperluas pengetahuan, pemahaman dan kesadaran arti penting arsip.

Pada tahun 2015 jumlah unit kerja/SKPD yang telah menerapkan arsip secara baku adalah sejumlah 23 SKPD yaitu :

4.    Dinas Kesehatan

5.    Dinas Pendidikan

6.    DPPKA

7.    DUKCAPIL

8.    Dinas Perhubungan

9.    DPU

10. Badan Kepegawaian Daerah

11. Sekretariat DPRD

12.    Inspektorat Daerah

13.   Kantor Perpustakaan dan Arsip

14.   KPU

15.  Satpol PP

16.  Kecamatan Galur

17.  Kecamatan Nanggulan

18.  Kecamatan Lendah

19.  Bagian Kesra Setda

20.  Bagian Umum Setda

21.  Bagian Organisasi Setda

22.  Puskesmas Temon 1

23.  SMAN 1 Girimulyo

24.  Kecamatan Wates

25.  UPTD Panjatan

26.  Dinas Koperasi dan UMKM

Jumlah desa yang telah menerapkan arsip secara baku sebanyak 22 desa yaitu :

1.      Desa Sendangsari

2.      Desa Sukoreno

3.      Desa Temon

4.      Desa Kaliagung

5.      Desa Karangsari

6.      Desa Demangrejo

7.      Desa Bumirejo

8.      Desa Paliyan

9.      Desa Karangwuni

10.  Desa Donomulyo

11.  Desa Glagah

12.  Desa Kebonrejo

13.  Desa Wijimulyo

14.  Desa Kembang

15.  Desa Sidorejo

16.  Desa Brosot

17.  Desa Jatirejo

18.  Desa Banaran

19.  Desa Ngentakrejo

20.  Desa Jatisarono

21.  Desa Gulurejo

22.  Desa Jangkaranr

 

Capaian pengelolaan kearsipan dilakukan dengan berbagai kegiatan  yang terdiri dari pengelolaan arsip statis, pendampingan, pensdataan dan penataan dokumen/arsip daerah.

Berdasarkan hasil pengukuran kinerja sasaran telah tercapai 97,94%. Dengan capaian ini maka   capaian   sampai   dengan    tahun  2015 terhadap  Renstra telah mencapai 91,16 %.

Adapun permasalahan diurusan  kearsipan saat ini antara lain :

-          Aanggaran, sarana dan prasarana  ( Gedung, SIM Kearsipan dan sarana pendukung lainnya )

-           Belum tersosialisasikannya UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan terutama bagi SKPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo. Hal ini dapat dilihat bahwa pada tahun 2015 hanya 3 SKPD ( Bappeda, DPU, Irda ) yang mengirimkan arsip.

-          Kurangnya JFT Arsiparis di Kabupaten Kulon Progo. Kantor Perpustakaan dan Arsip telah mengoptimalkan 3 arsiparis yang ada, tetapi belum cukup dalam pembinaan dan pengelolaan kearsipan di Kabupaten Kulon Progo.

-          Belum semua SKPD menjadikan pengelolaan arsip sebagai prioritas kegiatan, sehingga belum dianggarkan di rekening khusus kearsipan.

Solusi yang perlu diambil dari urusan kearsipan ini anatara lain adalah :

-          Anggaran yang mencukupi untuk pengadaan sarana prasarana serta untuk kegiatan penunjang lainnya.

-          Sangat diperlukan tambahan tenaga arsiparis sehingga Kantor Perpustakaan dan Arsip yang merupakan Lembaga Kearsipan Daerah dapat bertanggung jawab dalam pembinaan kearsipan di Kabupaten Kulon Progo.

-          SKPD di Kabupaten Kulon Progo agar mengalokasikan anggaran untuk pengelolaan kearsipan, dengan hal tersebut diharapkan bahwa pengelolaan arsip di masing-masing SKPD menjadi tugas utama ( selama ini terlihat hanya sebagai tugas sambilan ).

 

III.3 Akuntabilitas Pengguna Sumber Daya

A.    Sumber Daya Manusia.

Dalam pelaksanaan dan untuk mencapai visi dan misi Kantor Perpustakaan dan Arsip didukung pegawai berdasarkan kualifikasi sebagai berikut :

No

Pendidikan

Jumlah

1

S 2

4 orang

2

S 1

11 orang

3

D 3

8 orang

4

D 2

1 orang

5

SLTA

10 orang

6

SLTP

2 orang

 

Jumlah

36 orang

 

Data Pegawai berdasarkan  Pangkat dan Golongan Ruang

 

No

Pangkat

Golongan Ruang

Jumna

1

Pembina Tingkat I

IVb

1 orang

2

Pembina

IVa

1 orang

2

Penata Tk. I

IIId

5 orang

3

Penata

IIIc

3 orang

4

Penata Muda Tk I

IIIb

13 orang

5

Penata Muda

IIIa

7 orang

6

Pengatur  Tk I

IId

1 orang

7

Pengatur

IIc

-  orang

8

Pengatur Muda Tk I

IIb

3 orang

9

Pengatur Muda

IIa

            1 orang

10

Juru

Id

1 orang

 

Jumlah

 

36 orang

B.     Keuangan.

Pencapaian kinerja sasaran Kantor Perpustakaan dan Arsip Tahun 2015  didukung dengan anggaran sebagaimana dalam tabel  berikut :

 

No

Sasaran

Indikator

Satuan

Target

Realisasi

%

Program

Anggaran

2015

2015

Target

Realisasi

%

1

Terwujudnya peningkatan minat baca masyarakat

Capaian layanan perpustakaan

%

42,34

45,01

106,3

Pengembangan minat baca dan pembinaan perpustakaan

308.000.000.

 

300.130.300.

97,4

2

Meningkatnya kualitas kearsipan

Capaian pengelolaan kearsipan

%

67,76

66,37

97,94

Peningkatan pengelolaan kearsipan

134.008.000.

133.111.950.

99,3

 

C.     Sarana dan Prasarana.

 

Berdasarkan Simda Barang awal tahun 2015, dapat   diperoleh data     sebagai     berikut

Jumlah barang 860 buah. Nilai barang Rp.5.967.216.279,- dengan kondisi baik. Tidak  ada  barang  yang  tidak  digunakan  dalam   rangka  pelaksanaan   kegiatan kantor.

BAB IV

PENUTUP.

 

 

Laporan  Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP) Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo disamping merupakan pelaksanaan Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2010  tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan   Akuntabilitas Kinerja dan Peraturan  Bupati Kulon Progo Nomor 8 tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Pasal 12 ayat (1)  SKPD/Kepala SKPD setiap akhir tahun wajib menyusun Laporan Kinerja SKPD. LKJIP merupakan bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan program kegiatan yang telah dilakukan.

LKJIP ini disusun berdasarkan Perubahan Renstra Kantor Perpustakaan dan Arsip tahun 2011 - 2016, Perubahan Rencana Kinerja Tahun 2015, penggunaan anggaran yang tersedia serta hasil pelaksanaan kegiatan.

Berdasarkan sasaran strategis yang telah ditetapkan dalam rencana kerja Kantor  Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo tahun 2015 sebanyak 2 sasaran ; satu sasaran dapat mencapai 101% (melebihi target; satu sasaran hampir mencapai 90 % dari target ysng ditetapkan tahun 2015.

Dengan keterbatasan anggaran yang tersedia, Kantor Perpustakaan dan Arsip dalam menyusun Perubahan Rencana Kerja dan Kegiatan Tahunan  mendasarkan pada skala prioritas dengan tidak mengurangi dari rencana yang telah dituangkan pada Perubahan Renstra Kantor Perpustakaan dan Arsip serta menyesuaikan kebijakan penyusunan APBD.

Secara ringkas seluruh capaian diatas, baik yang telah berhasil maupun yang belum dilaksanakan telah memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi kami untuk meningkatkan kinerja di masa-masa mendatang.

Pelaksanaannya dengan memanfaatkan sarana prasarana yang tersedia secara optimal sehingga anggaran yang tersedia dapat digunakan secara efektif dan efisien

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RINGKASAN EKSEKUTIF

 

Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP) menjadi salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong tata kelola pemerintahan yang baik, dimana instansi pemerintah melaporkan kinerjanya dalam memberikan pelaynan publik. Proses penilaian yang terukur ini juga menjadi bagian dari skema pembelajaran bagi organisasi pemerintah untuk terus meningkatkan kapasitas kelembagaan sehingga kinerjanya bisa terus ditingkatkan. LKJIP Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kabupaten Kulon Progo ini merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi. Penyusunan LKJIP mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2010, dimana capaian kinerja organisasi secara transparan dan akuntabel  merupakan bentuk pertanggungjawaban atas kinerja pemerintah daerah.

LKJIP disusun dengan melakukan pengumpulan data dan analisa untuk menjawab pertanyaan, sejauh mana sasaran yang ditetapkan Kantor Perpustakaan dan Arsip yang ditunjukkan dengan keberhasilan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2015 telah berhasil tercapai. Analisa ini juga dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa tahun 2015 adalah tahun ke-empat periode Perubahan RPJMD Kulon Progo tahun 2012-2016.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto Ka. Kantor

KATA PENGANTAR

 

Laporan  Kinerja Instansi Pemerintah  ini disusun sebagai pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo Tahun 2015. Laporan ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar  kemajuan dan prestasi yang dicapai di tahun 2015.

Data-data yang digunakan dalam penyusunan laporan ini bersumber dari rencana kerja, hasil-hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan program//kegiatan, laporan kegiatan bulanan dan triwulanan selama tahun 2015.

Kami menyadari bahwa laporan ini belum sempurna, untuk itu saran dan kritik yang bersifat membangun untuk perbaikan laporan ini dimasa datang sangat kami harapkan. Pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga laporan ini dapat diselesaikan. Akhirnya, semoga laporan ini dapat bermanfaat, khususnya bagi peningkatan kinerja Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo dan pihak-pihak yang berkepentingan dimasa mendatang.

 

 

Wates, 28 Januari 2016

Kepala Kantor  Perpustakaan dan Arsip

Kabupaten Kulon Progo

 

 

 

Drs. HARMINTO.MM

NIP. 19590808 198103 1 014

 

                                                             

 

 

 

 

 

                        

 

 

 

 

 

KONSEP

 

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO

KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP

Jl. Sugiman ,Watulunyu  Wates. Kulon Progo Telp/Fax (0274) 774553

 

 

 













 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN  KINERJA  INSTANSI PEMERINTAH

 (LKIJP)

 

 

 

TAHUN 201

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

                                                                                  

KATA PENGANTAR                                                               

RINGKASAN EKSEKUTIF

BAB I  PENDAHULUAN                                                       

1.1 Latar belakang           ................................... ........    1

1.2 Struktun Organisasi   ............................................    2

1.3 Tugas dan Fungsi      ............................................    2

1.4 Potensi ..................................................................    3

      1.4.1Susunan Kepegawaian   ...............................     3

     1.4.2 Keadaran dan Prasarana            ...............................     4

1.5 Sistematika LAKIP   ...........................................     4

BAB II PERENCANAAN DAN PERJANJIAN KERJA

II.1 Perencanaan Strategis .........................................     6

     II.1.1 Visi dan Misi ...............................................     6

     II.1.2 Tujuan dan Sasaran .....................................     6

     II.1.3 Strategi  .......................................................     7

     II.1.4 Rencana Kegiatan (KINERJA) Tahunan

          (RKT)..........................................................     7

II,2 Penetapan Kinerja ..............................................     8

II.3 Rencana Anggaran   ..........................................      8-9

     III.1 Target Belanja KPA Tahun 2015 ................      9

     III.2 Alokasi Anggaran Per Sasaran Strategis            ....       9

BAB III AKUNTABILITAS KINERJA

III.1 Capaian Kinerja Tahun2015 ...........................       10

a.       Skala Nilai ....................................................       10

b.      Capaian Kinerja Tahun 2015 .......................        10

III.2 Evaluasi dan Analisis Capaian Kinerja ..........        11-14

III,3 Akuntabilitas Anggaran .................................        14

BAB IV PENUTUP ...............................................       15