INGIN SUKSES, JADILAH USAHAWAN YANG INOVATIF


Wates -- Rabu, 20 Februari 2019 bertempat di Ruang Pertemuan Balai Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo berlangsung acara bedah buku --Pengembangan UMKM antara Konseptual dan Pengalaman Praktis--. Acara ini diprakarsai oleh DPAD DIY, masih dalam kerangka gerakan budaya literasi bagi masyarakat. Acara yang dimoderatori oleh Fauziah Yulianti ini dihadiri juga oleh salah satu penulis buku Dr. Hempri Suyatna sebagai pembedah. Selain itu hadir pula Ir. Hamam Mutaqim, anggota DPRD, Mbak Peni, anggota Komunitas Pengusaha Kuliner Jogja, serta Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Kulon Progo.

Dalam paparannya Hempri menegaskan pentingnya suatu inovasi dalam memajukan suatu usaha. --Kecederungan dan kelemahan masyarakat kita dalam mengembangkan usahanya adalah menjiplak begitu saja usaha orang lain yang sukses tanpa mengadakan inovasi, akibatnya terjadilah persaingan di antara rekan sendiri-- ujarnya  --Hal ini tentu tidak sehat, ...akan lebih baik jika masing-masing menciptakan inovasi sehingga memiliki keunikan-- lanjutnya.

Acara ini semakin seru dan menarik ketika narasumber dari Komunitas Pengusaha Kuliner Jogja Ibu Alluh Peni membagikan pengalaman suksesnya berbisnis kuliner dengan membawa dua sampel bownies batik yang sekaligus menjadi doorprize. Peserta yang aktif akan mendapatkan doorpize tersebut. Suasana semakin seru peserta yang aktif ternyata ada empat orang sementara dooprize yang tersedia hanya dua buah. Akhirnya panitia memutukan untuk diundi. Banyak tip yang dibagikan oleh Ibu Peni dalam memulai usaha, antara lain soal ketahanan dan ketekukan. --Pastikan produk yang kita tawarkan ajeg tersedia di pasar...-- selorohnya. --...jangan sampai dat nyeng istilah Jawanya yaitu kadang ada, kadang tidak. Hal ini justru akan merugikan produk kita karena sulit dikenal masyarakat-- pungkasnya. 

 Acara yang dihadiri oleh sebagian besar masyarakat setempat ini berakhir sekitar pukul 13.00 setelah sesi tanya jawab usai. Banyak hal yang didapatkan dari acara bedah buku ini yang tentunya amat berguna bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan yang menunjang kemajuan usahanya. Selain itu untuk menambah wawasan setiap peserta diberi buku --Pengembangan UMKM antara Konseptual dan Pengalaman Praktis-- untuk dimiliki dan dibaca di rumah.