ADU PIAWAI BERCERITA DI PERPUSDA

 

Wates -- Meriah! Itulah suasana yang mewarnai ruang aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo pagi hingga siang hari pada Kamis, 14 Maret 2019. Di sana ada kegiatan lomba bercerita bagi anak tingkat SD/MI se-Kulon Progo. Lomba yang diseleggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo ini mengundang 30 SD/MI yang ada di Kulon Progo. Ada 28 peserta yang mendaftar, namun akhirnya yang ikut berlomba ada 27 peserta. Ada satu peserta yang gagal mengiktui lomba karena sakit.

Lomba ini merupakan babak penyisihan untuk menentukan 5 nominasi. Babak final akan diadakan pada hari Rabu, 20 Maret 2018 di tempat yang sama, untuk menentukan juara I, II, dan III. Nantinya juara I dan II akan dikirim untuk mengikuti lomba tingkat provinsi.

Suasana lomba sangat kompetitif, masing-masing peserta dengan penuh semangat berusaha memberikan tampilan terbaiknya dengan berbagai upaya yang kreatif baik melalui ekspresi dan pembawaan watak tokoh cerita, maupun penggunaan properti yang mendukung cerita. Setiap peserta diberi waktu 10 menit untuk membawakan ceritanya. Beberapa peserta belum menyelesaikan ceritanya ketika bel tanda waktu habis dibunyikan, namun ada juga yang sudah selesai lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

Salah satu peserta yang enggan disebutkan namanya, mengaku sangat senang dapat mengikuti lomba ini walaupun akhirnya tidak masuk nominasi. "Senanglah...dapat pengalaman berharga dan bermanfaat untuk berlatih" katanya.

Adu piawai dalam bercerita ini selesai pada pukul 13.30 WIB. Sembari menuggu pengumuman siapa saja yang masuk nominasi, peserta disilakan beristirahat dengan menikmati santap siang yang telah disediakan oleh panitia. 

Berbagai macam perasaan para peserta bercampur saat pengumuman usai dibacakan. Wajah sedih, senang, bangga, kecewa, tegar, haru, antusias, kagum, heran, bingung tampak pada wajah-wajah imut anak-anak SD/MI ini. Tim juri pada lomba ini adalah R. Bambang Eko Sumaryanto, SSn dari Dinas Kebudayaan, Ari Hargiatmi, SSn dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, dan Nurul Fahmayanti, SIP dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo.

Berdasarkan penilaian Tim Juri, ditetapkan peserta yang masuk dalam nominasi dan berhak mengikuti babak final, yakni:

1.       Tri Handayani, SD N 2 Sokomoyo  (skor 1031)

2.       Noor Azharul Thoriqotul Mustajabah, MIN 2 Kulon Progo (skor 1030)

3.       Haidar Wicaksana, SD Muh. Menguri (skor 1026)

4.       Ghina KintaniClearesta, SD N Brosot (skor 1017)

Ahmad Faiq Athaya, SD Muh. Bendo (skor 1016)