Profil

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo

 

        Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berdiri pada tahun 2016 seiring  adanya Peraturan Daerah No.14 Tahun 2016 tentang  Pembentukan Organisasi dan Perangkat Daerah. Dinas ini merupakan peningkatan struktur organisasi yang sebelumnya berbentuk Kantor dengan urusan yang sama yaitu perpustakaan dan kearsipan. Namun karena penyesuaian terhadap diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dimana dalam PP tersebut tidak ada lagi lembaga Kantor, maka lembaganya menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

      Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  adalah unsur penunjang Pemerintah Daerah di bidang pengelolaan perpustakaan, dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah. Adanya Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2016 tersebut diikuti dan diperkuat dengan terbitnya Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 68 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Fungsi dan Tugas serta Tata Kerja pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

       Sebelum menempati gedung baru, Kantor Perpustakaan Umum Kabupaten Kulon Progo terletak di Jalan Sanun No.4 Wates Kulon Progo, sedangkan seksi Kearsipan di Jalan Bhayangkara. Gedung Perpustakaan Menempati tanah dengan luas 800 m2. Sebelum itu Kantor Perpustakaan Umum pernah berlokasi di jalan Purworejo No. 1 Wates. Mengingat Keterbatasan Ruang dan Akses masyarakat, maka tahun 2007 Perpustakaan menempati Gedung Baru yakni Gedung Eks BKD di Jalan Sanun No.1 Wates. Mulai tanggal 10 Agustus 2015 Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Kulon Progo menempati gedung baru yakni bertempat di Jalan Sugiman Pengasih Kulon Progo atau di sebelah Gedung DPRD Kabupaten Kulon Progo dan bersebelahan dengan Taman Wana Winulang Kulon Progo. Sedangkan untuk Bidang Kearsipan tetap di Jalan Bhayangkara sekalgus depo Arsip menjadi satu dengan Bidang Karsipan.