Renja

BAB I

 PENDAHULUAN

 

1.1. Latar Belakang

Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo Tahun 2020 merupakan penjabaran Rencana Strategik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo tahun 2017-2022.

Rancangan Awal Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Kulon Progo Tahun 2020 merupakan bagian dari sub sistem dalam Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, sesuai dengan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Berdasarkan Undang-undang tersebut, Rancangan Awal Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo Tahun 2020 disusun dengan memperhatikan RPJP Nasional Tahun 2005-2025, RPJPD Propinsi DIY Tahun 2005-2025,  berpedoman pada RPJPD Kabupaten Kulon Progo Tahun 2005-2025, serta capaian kinerja sasaran daerah sampai tahun 2018 dan target kinerja tahun 2019.

Rancangan Awal Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo disusun dengan proses sebagai berikut:

1. Pengolahan data dan informasi

2. Analisis gambaran pelayanan OPD

3. Mereview hasil evaluasi pelaksanaan Renja OPD tahun lalu berdasarkan Renstra OPD

4. Isu-isu penting penyelenggaraan tugas dan fungsi OPD

5. Telaah terhadap rancangan awal RKPD

6. Perumusan tujuan dan sasaran

7. Penelaahan usulan program dan kegiatan dari masyarakat

8. Perumusan kegiatan prioritas

9. Penyajian awal dokumen rancangan awal renja OPD

10. Penyempurnaan rancangan awal Renja OPD

11. Pembahasan forum OPD

12. Penyesuaian dokumen rancangan awal Renja OPD sesuai dengan prioritas dan sasaran pembangunan tahun rencana dengan mempertimbangkan arah dan kebijakan umum pembangunan daerah, arahan menteri terkait dan SPM ( standar pelayanan minimal )

 

 

 

 

1.2. Landasan Hukum

Dalam penyusunan Rancangan Awal Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo ini, sejumlah peraturan digunakan sebagai rujukan, antara lain:

1. Undang-Undang No 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN);

2. Undang-undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025;

3. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah;

4. Peraturan Menteri Dalam Negeri No 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah;

5. Permendagri No 59 tahun 2007 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah;

6. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah;

7. Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2005-2025;

8. Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 17 Tahun 2007 tentang  Rencana Pembangunan Jangka Panjang  Daerah Tahun 2005-2025

 

1.3. Maksud dan Tujuan

Maksud disusunnya Rancangan Awal Rencana Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan adalah dalam rangka menjalankan tugas pokok dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, untuk mewujudkan visi dan misi dinas, dan sebagai acuan untuk melaksanakan program dan kegiatan secara teratur dan terarah serta menyediakan dokumen perencanaan dalam kurun waktu satu tahun yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo dengan sumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020.

Tujuan disusunnya Rancangan Awal Rencana Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan adalah sebagai kerangka acuan dalam penyusunan program dan kegiatan untuk meningkatkan pelaksanaan pemerintah dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat yang lebih berdaya guna, untuk lebih memantapkan pelaksanaan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai wujud pertanggungjawaban dalam mencapai visi, misi dan tujuan pembangunan Pemerintah Daerah.

 

1.4. Sistematika Penulisan

Rancangan Awal Renja Dinas Perpustakaan dan KearsipanKabupaten Kulon Progo Tahun 2020 disusun dengan sistematika sebagai berikut:

BAB  I. PENDAHULUAN

Pada Bagian ini dijelaskan mengenai gambaran umum penyusunan rancangan awal Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipanyang memuat latar belakang penyusunan Renja, landasan hukum, maksud dan tujuan serta sistematika penulisan.

 

BAB II.HASIL EVALUASI RENJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN TAHUN LALU.

Bab ini memuat kajian (review) terhadap hasil evaluasi pelaksanaan Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tahun lalu (tahun-n-2 / tahun 2018) dan perkiraan capaian tahun berjalan ( tahun-n-1 / tahun 2019), capaian Renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, analisis kinerja pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, memuat isu-isu penting penyelenggaraan tugas dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,  review terhadap Rancangan Awal RKPD/Renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta penelaahan usulan Program dan Kegiatan Masyarakat.  

 

BAB III. TUJUAN DAN SASARAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

Pada bagian ini diuraikan tentang  penelaahan yang menyangkut arah  kebijakan dan  prioritas pembangunan nasional dan yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, perumusan tujuan dan sasaran didasarkan atas rumusan isu-isu penting penyelenggaraan tugas dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang dikaitkan dengan sasaran target kinerja Renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta berisi penjelasan mengenai program dan kegiatan.

 

BAB IV RENCANA KERJA DAN PENDANAAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN

KEARSIPAN

 

BAB V PENUTUP

 

BAB II

EVALUASI PELAKSANAAN RENJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

TAHUN LALU

 

2.1. Evaluasi Pelaksanaan Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tahun lalu dan Capaian Renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Realisasi program/kegiatan dengan target kinerja yang direncanakan atas pelaksaanaan Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tahun 2018 :

- Capaian Kinerja Bidang Perpustakaan 2018 diukur melalui indikator capaian pelayanan perpustakaan. Adapun hasil pengukuran hasil kinerja indikator sasaran menunjukkan hasil yang positif. Dari target 47,83%  dapat terealisasi 46,85 % (97,95 %).Hal ini kurang berhasil, dikarenakan di sekolah-sekolah banyak liburnya. Capaian layanan perpustakaan  secara umum diarahkan sesuai dengan sasaran RPJMD Tahun 2017-2022 yaitu meningkatkan derajat pendidikan masyarakat dengan cara membudayakan gemar membaca kepada masyarakat melalui beberapa cara mencakup kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan, menambah koleksi dan judul bahan pustaka, perawatan terhadap koleksi bahan pustaka yang rusak, pengelolaan otomasi bahan pustaka, memberikan bantuan pengembangan dan melakukan pembinaan  perpustakaan desa, lomba bercerita bagi anak SD/MI tingkat Kabupaten Kulon Progo, melaksanakan bedah buku tematik, penerbitan buletin dan pameran perpustakaan serta menyelenggarakan perpustakaan keliling.

- Capaian Kinerja Bidang Kearsipan 2018 diukur melalui indikator capaian pengelolaan kearsipan. Adapun hasil pengukuran hasil kinerja indikator sasaran menunjukkan  berhasil. Yakni dari target 58,98%  dapat terealisasi 59,61 % (101,07%), melampaui target. Capaian pengelolaan kearsipan dilaksanakan melalui kegiatan pengadaan sarana pengelolaan dan penyimpanan arsip sesuai standart, pendataan dan penataan dokumen/arsip daerah.

 

Hasil evaluasi pelaksanaan Renja tahun lalu ( tahun n-2/ tahun 2018) dan perkiraan capaian tahun berjalan (tahun n-1/ tahun 2019) disajikan pada tabel 2.1 berikut ini.

 

 


 

Tabel 2.1

Rekapitulasi Evaluasi Hasil Pelaksanaan Renja OPD dan

Pencapaian Renstra OPD s/d Tahun 2018( tahun berjalan)*

Kabupaten Kulon Progo

SKPD:DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

Kode

Urusan/Bidang Urusan Pemerintahan Daerah Dan Program/Kegiatan

Indikator Kinerja Program (outcome)/ Kegiatan (output)

TargetKinerja Capaian Program (Akhir Periode Renstra OPD) Tahun 2018

Realisasi Target Kinerja Hasil Program dan Keluaran Kegiatan s/d dengan tahun (n-3)2016

Target dan realisasi Kinerja Program dan Kegiatan Tahun Lalu (n-2) (2017)

Target Program dan Kegiatan (Renja OPD tahun n-1) (2018)

Perkiraan Realisasi Capaian Target Renstra OPD s/d Tahun berjalan 2018

Target Renja OPD tahun (n-2) (2017)

Realisasi Renja OPD Tahun (n-2) (2017)

Tingkat Realisasi (%)

Realisasi Capaian Program dan Kegiatan s/d Tahun berjalan  (tahun n-1) (2018)

Tingkat Capaian Realisasi Target Renstra (%)

1

2

3

4

5

6

7

8 = 7/6

9

10=(5+7+9)

11=(10/4)

1.24

Urusan Kearsipan