EKSPOSE PENGAWASAN KEARSIPAN 2020

Pada hari Selasa, 08 Seotember 2020 bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo dilakukan ekspose hasil monitoring pengawasan kearsipan eksternal tahun 2020 pada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo oleh Tim Pengawas Kearsipan DPAD DIY. Kegiatan ekspose ini merupakan kelanjutan dari kegiatan monitoring terhadap tindak lanjut atas hasil pengawasan kearsipan tahun 2019 yang telah dilakukan pada tanggal 01 sampai dengan 31 Agustus 2020 secara portofolio yaitu dengan pengiriman bukti-bukti tindak lanjut atas rekomendasi hasil pengawasan eksternal kearsipan tahun 2019. Setelah dilakukan pencermatan dan penilaian portofolio oleh Tim Pengawas Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Daerah Istimewa Yogyakarta maka pada hari ini dilakukan ekspose pengawasan kearsipan.

Ekspose pengawasan kearsipan dilakukan oleh tim pengawas kearsipan DPAD DIY yang terdiri dari Bapak Aris Ariyanto, S.H., M.M., Rusidi, S.IP., M.M., Yunianti, A. Md. dan Bambang Asmorojati. Tim pengawas kearsipan DIY diterima oleh Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kulon Progo Drs. Agus Santosa, M.A, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang dan Kepala Seksi Kearsipan, serta seluruh arsiparis pada Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo.

Dalam kegiatan ekpose tersebut dilakukan pemaparan atas hasil monitoring pengawasan oleh tim pengawas kearsipan DPAD DIY yang meliputi semua aspek pengawasan kearsipan baik yang sudah maupun belum mendapatkan tindak lanjut. Hasil penilaian pengawasan dalam ekspose ini bersifat sementara sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Rusidi, “Hasil ekspose yang dilakukan oleh DPAD DIY ini masih bersifat sementara, maka DPK masih dimungkinkan untuk melakukan klarifikasi, sanggahan atau penambahan bukti-bukti pendukung yang sesuai paling lambat pada hari Jum’at 11 September 2020". Penambahan bukti-bukti pendukung yang sesuai akan dapat meningkatkan level perolehan nilai. Penetapan hasil akhir/ final pengawasan kearsipan ini akan dilakukan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada tahun 2021 secara nasional.

Acara ekspose pengawasan kearsipan diakhiri dengan penandatanganan Risalah Hasil Monitoring Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2020 Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip DIY yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Sistem Kearsipan DPAD DIY Bapak Aris Ariyanto, S.H., M.M.  #B412JO#