Pembekalan THL Kearsipan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo pada Rabu, 27 Januari 2021 melaksanakan bimtek kearsipan bagi Tenaga Harian Lepas (THL) kearsipan bertempat di Depo Arsip Unit II Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo di Jln Bhayangkara Wates. Peserta bimtek yang hadir sebanyak sembilan orang THL yang merupakan hasil seleksi tahun 2020. Sebenarnya terdapat sepuluh THL yang lolos seleksi tapi pada saat pelaksanaan bimtek hanya hadir sembilan orang. Satu orang menyatakan mengundurkan diri karena diterima sebagai staf di UGM.

Acara bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo Drs. R. Agus Santosa, MA. Dalam sambutannya, beliau menitip pesan kepada para THL agar selalu berdisiplin, sopan dan secara tertib mengikuti tata tertib atau peraturan OPD tempat mereka melakukan pendampingan. Juga agar selalu bersikap sabar saat melakukan pendampingan penataan arsip.

Kepala Bidang Kearsipan selaku pengampu kegiatan menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya bimtek kearsipan yaitu untuk memberi bekal pengetahuan maupun teknik penataan arsip yang benar sebelum terjun ke-OPD. Beliau berharap, dari pembekalan yang sangat singkat para THL menjadi lebih siap dalam menangani arsip  di OPD.

Materi bimtek meliputi materi Pengantar kearsipan yang disampaikan oleh Sarjana, SE seorang arsiparis madya, penataan arsip inaktif oleh Kandar Abadi, SH, dan praktek mengelola arsip.

Secara keseluruhan, pelaksanaan bimtek berjalan lancar. Peserta bimtek terlibat secara aktif baik dalam mengikuti paparan materi yang disampaikan oleh para narasumber maupun dalam praktek penataan arsip. Praktek penataan arsip dibimbing oleh arsiparis trampil tingkat penyelia Subarjo dan Retno Wahyuningsih dengan melakukan penataan arsip inaktif dari Seksi Pembinaan dan Pelayanan Perpustakaan. Setiap peserta secara bergantian berlatih melakukan pemilahan arsip, pengklasifikasian arsip, pembungkusan arsip dan penyimpanan arsip.di dalam boks arsip.//Sbj