Sukses, Bupati Resmikan Pocadi!

Wates - Hiruk pikuk dan kesibukan sudah tampak sejak pagi di Area Satpas SIM Polres Kulon Progo. Hari ini, Jumat, 29 Januari 2021 ada peristiwa bersejarah yang amat penting, launching Pocadi (Pojok Baca Digital). Pocadi merupakan layanan literasi berbasis digital hasil kerja sama antara Perpusnas RI, PT Woolu Aksaramaya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo, dan Polres Kulon Progo.

Acara launching ini dihadiri langsung oleh Bupati Kulon Progo, Drs H. Sutedjo. Selain Bupati, hadir pula Kapolres Kulonprogo AKBP Tartono, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo, Drs. R. Agus Santosa, MA, Ketua Komisi IV DPRD Kulon Progo, Istana serta pejabat utama di lingkungan Polres Kulon Progo. Lanching ditandai dengan pemotongan bunga oleh Bupati, setelah sebelumnya didahului dengan protokoler dan sambutan baik oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo maupun Bupati Kulon Progo. Yang menarik, sesaat sebelum pemotongan bunga, seluruh hadirin secara bersama-sama diajak menyaksikan tayangan statement dan ucapan selamat dari Perpusnas RI.

Dalam sambutannya Bupati Kulon Progo menekan dua hal penting, yakni bahwa Pocadi dengan caranya telah ikut menyukseskan tujuan didirikan Negara RI sebagaimana tercantum dalam UUD 1945, yakni ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Sedangkan poin kedua, Bupati menekankan pentingnya membaca, “Membaca ibarat jendela dunia, tanpa harus kemana-mana tapi kita bisa tahu di mana-mana karena mambaca” ujarnya.

Setelah pemotongan bunga, Bupati, Kapolres, dan Ketua Komisi IV DPRD diberi kesempatan melakukan demo pengoperasian aplikasi Pocadi dan pemanfaatannya dengan dipandu oleh petugas. Mengakhiri acara launching ini, diadakan celebrasi dengan menyerukan yel-yel "Salam Literasi" yang dipimpin langsung oleh Bupati.

Bapak Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo, Drs. R. Agus Santosa, MA merasa bangga dan senang atas suksesnya event ini. Beliau berharap Pocadi bisa benar-benar bermanfat dan dapat meningkatkan minat baca masyarakat. “Semoga pocadi benar-benar semakin mendapat tempat di hati” pungkasnya. (you are)