PEMBINAAN KEARSIPAN di KALURAHAN GULUREJO KAPANEWON LENDAH

Lurah Gulurejo menerima contoh sarana penyimpanan arsip dari arsiparis ahli madya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Sarjana, SE, di Gulurejo, 30 Maret 2021

Pada hari ini, Selasa, 30 Maret 2021, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo diminta berbagi ilmu tentang kearsipan di Kalurahan Gulurejo Kapanewon Lendah Kulon Progo. Kegiatan  ini  diawali dengan adanya permintaan pembinaan pengelolaan arsip yang dikirimkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sesuai surat dari   Kalurahan Gulurejo nomor : 890/200, tanggal 25 Maret 2021, hal Permohonan Pembinaan Kearsipan Pemerintahan Kalurahan. Pembinaan ini diikuti oleh pamong kalurahan. Lurah Gulurejo mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini, dan mengharapkan para pamong kalurahan dapat memperoleh ilmu kearsipan untuk selanjutnya dipraktekkan dalam mengelola arsip kalurahan.

Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mengatakan bahwa pencipta arsip, yang salah satunya adalah kalurahan mempunyai kewajiban untuk mengelola arsip dinamisnya, hal ini sesuai UU nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan. Materi kearsipan yang dibagikan adalah tentang pengelolaan arsip dinamis, yang meliputi arsip aktif, arsip inaktif dan arsip vital, sejak tahap penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan sampai tahap penyusutan. Penciptaan arsip dimulai saat arsip dibuat atau diterima, penggunaan dan pemeliharaan, yaitu pada saat arsip tersebut digunakan untuk kepentingan pencipta arsipnya juga masyarakat serta arsip harus diberkaskan dan disimpan. Sedangkan penyusutan, adalah pengurangan arsip melalui kegiatan pemindahan, penyerahan arsip statis dan pemusnahan arsip yang sudah habis nilai gunanya. Pada kesempatan ini pula, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memberikan sedikit contoh sarana prasarana untuk mengelola arsip diantaranya adalah folder, sekat folder, juga boks arsip.

Semoga dengan kegiatan ini, pengelolaan arsip dinamis  di Kalurahan Gulurejo akan menjadi lebih baik, sesuai aturan  sehingga arsip dapat memberikan manfaat dalam pelaksanaan kegiatan serta mudah ditemukan kembali. (Ret)