Arsip batas desa

BUPATI SAKSIKAN PENYERAHAN ARSIP DOKUMEN BATAS DESA

Senin, 12 April 2021 di Ruang Menoreh diselenggarakan acara penandatangan peta batas desa yang diselenggarakan oleh Dinas PMD Dalduk dan KB. Peta yang dibuat terdiri dari peta administrasi desa, penegasan batas desa dari 5 Kalurahan di wilaya kapanewon Temon yaitu Jangkaran, Karangwuluh, Janten, Kebonrejo, dan Sindutan. Peta ditandatangani oleh Bupati, Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB dengan para Lurah yang wilayahnya saling berbatasan .

 

Selanjutnya Peta dan Dokumen pembangunan Pilar penegasan batas desa ini diserahkan oleh Kadinas PMDPPKB, Sudarmanto SIP.,M.Si kepada Drs. R. Agus Santosa, MA selaku Kepala Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), disaksikan oleh Bupati Kulon Progo beserta pejabat yang lainnya. Dalam sambutan pengarahannya Bupati mengapresiasi akan adanya peta batas desa tersebut yang merupakan hal yang urgen bagi suatu wilayah, menjamin kepastian hukum wilayah kalurahannya. Dengan adanya dokumen dan peta batas wilayah ini diharapkan dapat menjadi bukti otentik, sehingga di kelak kemudian hari tidak akan terjadi permasalahan yang berkaitan dengan sengketa wilayah.

Mengingat pentingnya dokumen dan peta tersebut yang juga mengandung nilai historis bagi kalurahan maka arsip statis ini perlu untuk dijaga dan dikelola dengan baik, sehingga selanjutnya diserahkan kepada LKD. Penyerahan ini menambah khazanah kondisi arsip kalurahan yang saat ini masih minim yang ada di LKD.