ADA GERDU MANIS DI OPD

              Wates, 04 Juni 2021. Gerakan Dua Jam Menata Arsip Dinamis (Gerdu Manis) yang telah dicanangkan oleh Bapak Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo beberapa waktu yang lalu tepatnya pada Hari Senin tanggal 24 Mei 2021 ternyata mendapat sambutan yang sangat bagus dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Ditambah lagi dengan adanya kegiatan sosialisasi Gerdu Manis yang tertuang dalam Surat Edaran Bupati Kulon Progo Nomor 045/1705 oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada tanggal 02 Juni 2021 dua hari yang lalu menjadikan OPD semakin percaya diri dalam melakukan gerakan menata arsip karena sudah memiliki pemahaman bagaimana cara melakukan penataan arsip dengan mudah, cepat dan benar.

             Dari pemantauan tim monitoring Gerdu Manis OPD yang ada di Bidang Kearsipan, hingga berita ini diturunkan sudah banyak OPD yang telah melaksanakan Gerdu Manis dan menyampaikan laporan berupa foto-foto kegiatan yang telah dilakukan. Berdasarkan foto kegiatan Gerdu Manis yang masuk via grup WhatsApp tampak ada OPD yang sedang melakukan pemilahan arsip, pengelompokan arsip dan pembuatan daftar arsip. Bahkan ada OPD yang membuat laporan dalam bentuk Video. Beberapa OPD yang terpantau telah menyampaikan laporan secara online antara Dinas Koperasi dan UMKM dan Kapanewon Pengasih Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan,  BPBD, Dinas Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dikpora, Dinas Perdagangan, Kapanewon Samigaluh, Kapanewon Sentolo, Kapanewon Kalibawang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dll.

           Saat dimintai tanggapan atas pelaksanaan Gerdu Manis pada Minggu ke II dari pencanangan oleh Bapak Bupati, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs. R. Agus Santosa, MA. memberikan apresiasi yang tinggi atas antusias OPD dalam melaksanakan Gerdu Manis.  Ucapan terima kasih beliau sampaikan kepada jajaran OPD yang telah mulai melakukan Gerdu Manis baik yang sudah memberikan laporan maupun belum. Semoga gerakan ini dapat terus berlanjut dan menjadi suatu budaya tertib arsip.