ARSIP TERAWAT, MASA DEPAN SELAMAT

Pengasih----Segala bentuk peristiwa, kejadian yang kita alami atau lakukan sehari-hari dapat menjadi momentum yang tak terlupakan dalam hidup. Seperti kelahiran, kematian, kenaikan pangkat bahkan peristiwa-peristiwa keributan atau kehebohan dapat menjadi sebuah kenangan bagi orang tertentu. Kepekaan kita dalam menangkap peristiwa –peristiwa tersebut dapat menjadi sesuatu yang berharga dikemudian hari jika kita mempunyai kesadaran untuk mengabadikannya dalam bentuk dokumentasi baik berupa cetak atau rekaman. Apalagi diera digital native seperti saat ini semua orang selalu siap dengan gadgetnya sehingga peristiwa apapun dapat terdokumentasi dan terpublikasi melalui media internet.

Sayangnya, meskipun semua orang mampu membuat dan memiliki dokumentasi, hal ini tidak disertai dengan pengetahuan yang mencukupi tentang bagaimana memahami arti penting arsip, cara penggunaan dan cara perawatannya. Pengatahuan  dan kesadaran tentang hal ini hanya dimiliki oleh sebagian kecil orang yang mempunyai kepedulian terhadap arsip atau orang yang memang ahli dibidangnya (Arsiparis). Oleh karena itu pada hari Kamis, 29 Juli 2021 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo menyelenggarakan diskusi tentang arti penting arsip dimasa lalu, masa sekarang maupun masa yang akan datang. Dalam acara ini disampaikan materi tentang sejarah arsip oleh Dr. Ahmad Athoillah, MA sejarawan Kulon Progo, pengalaman bagaimana mengelola arsip di Negeri Belanda oleh Andre Moedanton (Dcumentary Moie Maker), dan pengenalan arsip secara umum oleh Sarjana, SE seorang arsip Kulon Progo.  Dalam acara yang diselenggarakan secara daring menggunakan fasilitas googlemeet tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan Drs.R Agus Santosa, MA dalam pengantarnya menyampaikan  bahwa masih banyak masyarakat dan OPD pengelola kearsipan yang belum memahami sepenuhnya tentang pentingnya pengelolaan arsip sehingga perlu untuk mendiskusikannya. Dikarenakan masa pandemi maka acara ini dilaksanakan mellaui media internet.

Dalam diskusi tersebut disampaikan oleh  Andre Moedanton bahwa kesadaran pentingnya arsip perlu dipublikasikan secara luas melalui akun media sosial seperti facebook dan instagram, sehingga pengetahuan tentang arsip dapat ditularkan melalui media sosial yang saat ini sedang mejadi trend dikalangan masyarakat. Dengan digencarkannya promosi arsip melalui media sosial diharapkan dapat terbentuk masyarakat peduli arsip di Kabupaten Kulon Progo, sehingga masyarakat memahami arti penting dari sebuah dokumentasi. Sebagaimana disampaikan dalam diskusi tersebut bahwa arsip menjadi sangat berharga untuk mengetahui sejarah kita pada masa yang telah lampau. Saat ini untuk mempelajari sejarah bangsa Indonesia kita harus pergi ke negara Belanda yang menyimpan banyak arsip tentang Indonesia. Kenapa demikian?, karena saat itu rakyat Indonesia belum ada yang mempunyai kesadaran untuk merawat arsip yang diproduksi oleh para leluhur.  Membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya membuat  dan merawat arsip menjadi tugas bersama. Dengan merawat arsip dengan baik artiya kita akan mewariskan sesuatu yang sangat berharga untuk anak cucu kita dimasa yang akan datang. Arsip Terawat, Masa depan Selamat. (ekperpus)

#SalamArsipAyoTertibArsip#SalamLiterasiAyoMembaca#ArsipTerawatMasaDepanSelamat