Menuju Realisasi Jebol Netra Pemujaku: Sosialisasi SOP dan Pojok Baca Braile

Wates – “Jebol Netra Pemujaku”, sebuah program inovasi layanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo yang digagas oleh Siti Nurhayati, SIP (Kabid Perpustakaan), terus diupayakan dan disempurnakan agar bisa segera direalisasikan. Segala persiapan termasuk sarana prasarana terus dipenuhi. Dalam kaitan dengan itu, hari ini Senin, 23 Agustus 2021, dilaksanakan Sosialisasi Standar Pelayanan dan Standar Operasional Prosedur "Jebol Netra Pemujaku” dan Sosialisasi Layanan Pojok Baca Braile.

Dalam sosialisasi ini, diundang beberapa stakeholder dari berbagai kalangan, di antaranya: Bapeda, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, para Kepala SLB di Kulon Progo, dan beberapa tokoh masyarakat dari LSM dan GPMB. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh para pejabat struktural dan pustakawan dari internal Dispussip.

Dalam arahan pada sambutannya, saat membuka sosialisasi ini, Tri Wahyudi, SIP, MM (Plt Kepala Dinas) sedikit menguraikan akronim Jebol Netra Pemujaku. Menurutnya, istilah ini unik, menarik dan mudah diingat. Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk suksesnya program ini. Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan paparan materi yang dibawakan oleh Kabid Perpustakaan, Siti Nurhayati, SIP. Acara yang berlangsung cukup singkat namun padat ini berakhir setelah sesi tanya jawab usai. Rangkaian sosialisai ini dilanjutkan dengan meninjau lokasi Pojok Baca Braile yang berada di lantai 1 sekaligus penanda tanganan oleh beberapa tokoh yang diundang.

Secara umum acara berlangsung baik dan lancar. Setelah penanda tanganan Pojok Baca Braile, diadakan sesi photo bersama sebelum acara ditutup. Beberapa tokoh membubuhkan testimoni pada saat memberikan tanda tangan, berisi harapan dan antusiasme penyemangat. Kiranya program ini akan bermanfaat bagi pengembangan literasi untuk kaum disabilitas, khususnya tunanetra. Semoga! (you are)