Sukses! Dispussip Gelar Sosialisasi Relaksasi Akreditasi Perpustakaan

Wates -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo mengadakan Sosialisasi Relaksasi Akreditasi Perpustakaan pada Selasa, 14 September 2021. Sosialisasi yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri oleh 30 peserta dari berbagai komponen masyarakat dunia pustaka. Acara diawali dengan pembukaan sekaligus sambutan oleh Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo Tri Wahyudi, SIP, MM. Dalam sambutannya Tri Wahyudi mendukung penuh agar para pengelola perpustakaan berjuang gigih untuk memanfaatkan kesempatan Relaksasi Akreditasi Perpustakaan ini. Sebab peluang ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja karena Relaksasi Akreditasi ini memberikan keringanan bagi perpustakaan yang merasa keberatan untuk mengikuti Akreditasi Perpustakaan secara reguler. Dalam  relaksasi, perpustakaan tidak perlu menyertakan porto folio sebagai syaratnya, melainkan cukup mengisi profil dan photo perpustakaan saja. Meskipun dalam relaksasi ini paling tinggi hanya bisa mendapatkan nilai C tetapi itu sudah sangat baik, sebab hal itu membuktikan bahwa perpustakaan sudah memenuhi SNP.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan pemaparan Akreditasi Perpustakaan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo selama periode tahun 2018 sampai tahun 2020 oleh Kabid Perpustakaan Siti Nurhayati, S.IP. Setelah itu, pemaparan materi dibawakan oleh Pustakawan Muda Nurul Fahmayanti, SIP.

Ada beberapa pertanyaan yang cukup mengena di antaranya dari Mbak Wiwin Widiastuti dari PMD pada sesi tanya jawab, yakni seputar akreditasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini. Secara umum, sosialisasi ini berlangsung lancar dan sarat akan pengetahuan yang amat berguna kendati dilaksanakan secara daring. Diharapkan peserta menjadi semakin mantap untuk memanfaatkan  serta mengikuti akreditasi perpustakaan baik secara reguler maupun melalui jalur relaksasi dengan adanya sosialisasi ini, sehingga dapat menyiapkan segalanya demi suksesnya akreditasi perpustakaan tahun 2021. Semoga! (you are)