Pelan-Pelan Mengakrabi Srikandi

Pengasih -- Dalam suasana semi formal, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupanten Kulon Progo mengadakan pelatihan pemanfaatan aplikasi SRIKANDI. Acara ini digelar di Aula Kembang Soka pada Rabu, 22 November 2023, dengan diikuti segenap pegawai baik ASN maupun non ASN Dispussip. Dalam paparannya Eko Budi Antoro, MPd, selaku narasumber, menyampaikan bahwa aplikasi Srikandi ini sejatinya tidak jauh berbeda dengan aplikasi Suratku yang selama ini sudah dimanfaatkan. Bedanya, aplikasi ini memiliki jangakauan lebih luas setingkat nasional. Hal ini terlihat ada tiga kriteria tujuan surat: Internal, Srikandi, dan Eksternal. Internal untuk kepentingan intern Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Srikandi untuk tujuan surat di luar OPD di seluruh Indonesia, sejauh instansi yang dituju merupakan pengguna aplikasi Srikandi, sedangkan yang eksternal adalah untuk tujuan surat yang tidak menggunakan aplikasi Srikandi.   

Kegiatan yang dimulai pukul 13.00 ini diikuti penuh semangat oleh seluruh peserta, meski dalam suasana santai penuh canda. Sebagian peserta yang tidak membawa laptop, tetap mengikuti dan mencoba aplikasi dengan menggunakan HP. "Pembelajaran kali ini amat penting maknanya bagi saya,setidaknya untuk membuka wawasan dan cakrawala, meski untuk saat ini saya belum bisa tuntas mempraktikkan penggunaannya. Saya juga berharap, nanti sambil jalan di saat memanfaatkan aplikasi ini saya semakin paham dan lancar" demikian komentara seorang peserta yang menolak untuk disebutkan namanya.

Pukul 15.00 Kegiatan ini berakhir, walau sebenarnya masih ada beberapa hal teknis yang belum dipahami secara tuntas oleh sebagian peserta. "Tidak apa-apa, nanti sambil praktik dalam perjalanan waktu akan paham juga. Sesuatu yang baru memang tidak bisa langsung semuanya bisa dikuasai" kata Pak Eko sebelum menutup acara. (*/youare)