Upacara Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara Tahun 2024

DispussipKP. Jumat, 1 Maret 2024, bertempat di Halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara tahun 2024. Pelaksanaan upacara ini merupakan tindaklanjut dari diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang penetapan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

Dalam amanat Gubernur DIY yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo (RR. CHATARINA TRI SUBEKTI WIDAYATI, S.H., M.M.) disampaikan antara lain, Serangan Umum 1 Maret 1949 bukan sekedar pertempuran, melainkan menjadi pernyataan politik dengan resonansi internasional. Meskipun pimpinan negara ditawan, Republik Indonesia masih eksis, dimana para pejuangnya terus melawan tirani penjajahan.

Tema Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara Tahun 2024 “Kedaulatan yang Beradab Penentu Masa Depan Bangsa”, refleksi ajakan untuk “gumregah” dan “manunggal nyawiji”, menuju sebuah tataran dimana kedaulatan sejati menjadi fondasi kemajuan bangsa. Peringatan juga sebagai penanda dimana kedaulatan tidak lagi haya terbatas pada wilayah fisik atau sejarah, melainkan harus merasuk ke denyut kehidupan masyarakat. Kedaulatan menjadi praktik harian yang merasuki setiap interaksi dan setiap kebijakan, yang ditujukan untuk memajukan bangsa. Saat ini adalah era dimana masa depan bangsa ditentukan oleh perbuatan nyata, lahir dari seberapa dalam kita memahami, menghargai, dan menerapkan kedaulatan, dalam bingkai keberagaman, keadilan, dan Kemakmuran.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, agar bangsa ini senantiasa ditunjukkan jalan lurus, dalam memaknai Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara melalui karya nyata.